Laman

Thursday, December 13, 2012

Home » Korea Utara Berhasil Meluncurkan Roket Jarak Jauh

Korea Utara Berhasil Meluncurkan Roket Jarak Jauh



CHIP.co.id - Korea Utara baru saja meluncurkan roket jarak jauhnya, sekitar pukul 09.15 tadi pagi waktu setempat, dan kemudian jatuh ke dalam lautan 200 mil di sisi Timur Filipina. Demikian dilaporkan Yonhap News Agency.
Roket tersebut menempuh jarak sekitar 1.600-1.800 mil. Yang lebih mengejutkan adalah bahwa tak ada yang melihat roket tersebut datang. Setelah sedikit penyesatan pagi ini ketika Korea Utara mengumumkan penundaan peluncuran, banyak yang bertanya-tanya apakah peluncuran akan terjadi, beberapa malah sudah menyebutnya gagal.
Korea Utara mengklaim tujuan peluncuran roket ini adalah untuk menempatkan satelit ke orbit, tetapi negara-negara Barat, termasuk Jepang dan Korea Selatan menuduh hal itu hanya dalih uji coba misil balistik jarak jauh. Meskipun tak ada satelit yang ditempatkan di orbit, keberhasilan Korea Utara ini mengejutkan dunia, dan menunjukkan bahwa negara mana pun dalam radius 1.500 mil berada dalam target roket mereka.
UPDATE: Yonhap mengutip kantor berita Korea Utara KCNA bahwa negara tersebut berhasil menempatkan satelit ke orbit. Pernyataan ini diperkuat NORAD, yang mengatakan roket tahap pertama jatuh di Laut Kuning, sementara tahap kedua jatuh di laut Filipina. NORAD mengatakan indikasi awal misil itu ingin menempatkan objek di orbit, dan tak ada puing-puing yang mengancam Amerika Utara.

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets