Laman

Thursday, November 29, 2012

Home » OS Linux Freespire

OS Linux Freespire

Freespire adalah berbasis masyarakat distribusi Linux yang sebagian besar terdiri dari bebas , open source software, sambil memberikan pengguna pilihan termasuk perangkat lunak berpemilik termasuk codec multimedia , driver perangkat , dan aplikasi perangkat lunak .
Freespire awalnya berasal dari Linspire . Freespire 1.0 didasarkan pada Debian , sementara Freespire 2.0 didasarkan pada Ubuntu . Linspire dibeli oleh Xandros , yang awalnya direncanakan untuk beralih kembali ke Debian untuk rilis Freespire masa depan. [3]

Sejarah

Pada bulan Agustus 2005, distribusi Live CD berdasarkan kolam sumber Linspire bernama Freespire memukul web oleh kecelakaan. [4] Distribusi ini diciptakan oleh Andrew Betts dan tidak diproduksi atau dirilis oleh Linspire Inc Freespire bingung oleh beberapa pengguna untuk menjadi produk yang sebenarnya dari Linspire, dan atas permintaan Linspire distribusi mengadopsi Squiggle codename pengembangan dan mulai mencari nama baru. Linspire kemudian, di bagian belakang dari publikasi yang dihasilkan, menawarkan pengguna "Linspire gratis" (harga pembelian diskon menjadi $ 0) dengan menggunakan kode "Freespire" kupon sampai dengan 9 September 2005. Squiggle OS tidak lagi dalam pengembangan aktif.
Pada tanggal 24 April 2006, Linspire mengumumkan proyek sendiri bernama "Freespire". [5] Distribusi Freespire baru diumumkan saat itu Linspire Presiden dan mantan CEO Carmony Kevin. Ini mengikuti dengan model Fedora yang didukung oleh Red Hat dan masyarakat sejak tahun 2003. Novell juga memulai sebuah proyek komunitas yang sama dengan nama openSUSE untuk perusahaan Linux SUSE lini produk pada paruh kedua tahun 2005.
Xandros mengakuisisi Linspire / Freespire di musim panas tahun 2008. [6] Xandros memiliki rencana untuk menjaga Freespire sebagai distribusi komunitas dikembangkan mirip dengan OpenSUSE dan Fedora untuk distribusi secara komersial.
Rilis final Freespire adalah 2.0.8, dirilis pada tanggal 30 November 2007. Hal ini didasarkan pada Ubuntu 7.04 yang didukung selama 18 bulan dan mencapai akhir masa pakainya pada tanggal 19 Oktober 2008. Freespire karena tidak menerima update keamanan dari hulu saat ini. Distribusi ini sekarang dianggap "Dihentikan" oleh distrowatch.com. [7]

Fitur

Distribusi adalah proyek berbasis Debian, berbasis masyarakat dan didukung terkait dengan distribusi Linspire komersial. Freespire termasuk elemen sebelumnya proprietary dari Linspire, seperti Run N Klik ' (CNR) client, sedangkan unsur-unsur lain, yang Linspire lisensi itu sendiri, tetapi tidak sendiri, seperti Windows Media Audio kompatibilitas perpustakaan [ klarifikasi diperlukan ], tetap proprietary, closed source . Akibatnya, ada dua versi Freespire, satu dengan, perpustakaan sumber proprietary tertutup, dan satu, yang disebut Freespire OSS Edition, yang mencakup sebagian besar komponen open source. Freespire memiliki sejumlah in-house program yang ditulis dalam Haskell dan OCaml , seperti yang ISO image builder, deteksi hardware dan konfigurasi otomatis, yang paket autobuilder dan "perpustakaan Debian", dan juga program-program pengelolaan CGI .

Pers

Versi Lepaskan tanggal Catatan
1.0 Release Candidate (1.0.2) 28 Juli 2006 [8] Rilis kandidat
1.0 (1.0.13) 4 Agustus 2006 [9] Rilis publik berbasis Debian, Linux kernel 2.6.14, dan KDE 3.3.2 [10]
2.0 RC (1.9.0) 10 Juli 2007 [11] Rilis kandidat
2.0 7 Agustus 2007 [12] Rilis publik berdasarkan Ubuntu 7.04 , Linux 2.6.20, dan KDE 3.5.6. [13] dengan built-in CNR 7 plug-in
2.0.8 November 30, 2007 Perbaikan dan Beta CNR plug-in [1]

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets