Laman

Saturday, November 24, 2012

Home » Cara Mengetahui Hostname Komputer Pada Jaringan

Cara Mengetahui Hostname Komputer Pada Jaringan

Cara Mengetahui Hostname Komputer Pada Jaringan. Kali ini saya akan mencoba sedikit membahas mengenai jaringan yaitu "Cara Mengetahui Hostname Komputer Pada Jaringan" pada windows. Sepele memang tapi berdasarkan pengalaman yang saya alami cara ini cukup simple dan mudah untuk digunakan. Untuk mengetahui hostname yang akan dibahas kali ini dengan mengunakan perintah ping dengan tool bawaan windows yaitu command prompt. Comand Prompt adalah adalah baris perintah penerjemah pada OS/2, Windows CE dan Windows NT berbasis sistem operasi (termasuk Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows Server 2003 dan Windows Server 2008). Ping (kadangkala disebut sebagai singkatan dari Packet Internet Gopher) adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa Induktivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.
Bagaimana Cara Mengetahui Hostname Komputer Pada Jaringan ?
  1. Buka Command Prompt dengan cara Masuk ke Run (Logo Windows + R), kemudian ketikan CMD, dan Klik OK. Terlihat seperti gambar dibawah  :
  2. Kemudia Ketikan perintah "ping -a alamat ip komputer target" misalnya seperti ini ping -a 127.0.0.1. Terlihat seperti gambar dibawah  :
  3. Selesai deh Cara Mengetahui Hostname Komputer Pada Jaringan. Semoga bermanfaat yah. Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets