Laman

Thursday, November 1, 2012

Home » Windows RT dan Perbedaannya dengan Windows 8

Windows RT dan Perbedaannya dengan Windows 8

Saat ini, Anda mungkin akan sering mendengar peluncuran sebuah tablet yang memakai sistem operasi Windows RT. OS ini merupakan sistem operasi terbaru yang diluncurkan oleh Microsoft berbarengan dengan Windows 8. Namun apakah Anda tahu perbedaan antara Windows RT dengan Windows 8?

Perbedaaan yang paling mendasar adalah kegunaan dari Windows RT. Jika Windows 8 adalah sistem operasi yang digunakan untuk tablet atau komputer dengan prosesor berbasis x86, maka tidak halnya dengan Windows RT. OS ini dibuat untuk tablet yang memakai prosesor berbasis ARM. Langkah ini dilakukan oleh Microsoft untuk memenuhi permintaan pasar. Terlebih saat ini banyak dijumpai smartphone serta tablet yang diluncurkan dengan memakai prosesor ARM. Microsoft sendiri pun meluncurkan tablet Surface dalam dua versi, yakni versi Windows 8 serta versi Windows RT.
OS ini pun memiliki sebuah desktop seperti yang dimiliki oleh Windows 8. Tentunya OS ini juga dilengkapi dengan aplikasi seperti Control Panel, Windows Explorer, Internet Explorer ataupun Microsoft Office. Bahkan aplikasi-aplikasi tersebut juga akan ditunjang dengan kemampuan touchscreen.
Namun, pada platform ini hanya memperbolehkan aplikasi yang hanya bisa diperoleh dari Windows Store atau aplikasi yang sudah ada di dalam OS ini. Jadi, bisa dikatakan bahwa aplikasi Windows 8 belum tentu bisa dijalankan di platform Windows RT. Selain itu, Microsoft juga menyatakan bahwa OS ini juga tidak akan dijual kepada publik. Untuk memperoleh OS ini, Anda hanya bisa mendapatkannya dengan membeli sebuah tablet.

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets