Laman

Wednesday, June 12, 2013

Home » Mampukah Sistem Operasi Baru Melengserkan Android?

Mampukah Sistem Operasi Baru Melengserkan Android?

Sebelumnya, saya telah membaca sebuah artikel tentang "Tiga Sistem Operasi Baru Penantang Android" yang saat ini sedang berada diposisi teratas ranah smart phone.
Sebenarnya artikel tersebut cukup menarik untuk diikuti, karena memang saat ini operating system telah lazim digunakan pada berbagai jenis produk handphone - smart phone.
Android seperti kita ketahui memiliki posisi paling baik diantara operating system yang ada, jauh mengalahkan iOS, Blackberry dan Win Mobile. Sebenarnya perkembangan kearah tersebut bisa kita ikuti dari awal google memperkenalkan OS terbuka untuk digunakan pada perangkat telephon.
Karena sifatnya yang terbuka dan source codenya tentu bisa dimodifikasi oleh siapapun (produsen), sehingga hal itu semakin menarik perhatian mereka. Terlebih memang sebelumnya google telah mengundang banyak pemain di industri handphone untuk mau menggunakan platform terbuka dari sistem operasi Android.
Android semakin berkibar bukan hanya adanya dukungan yang luas dari para produsen handphone, tetapi juga adanya suport yang baik dari google sendiri yaitu dengan menyediakan Google Play.
Tempat dimana semua orang pemakai dan pengembang aplikasi berbasis Android bisa memanfaatkan untuk mendownload, menjual dan mengembangkan bermacam aplikasi yang jumlahnya teramat banyak untuk disebutkan smiley
iOS
iOS merupakan salah satu sistem operasi untuk smartphone yang dikembangkan oleh Apple inc. Apple sendiri secara eksklusive hanya mengijinkan sistem operasinya untuk berjalan di perangkat buatan mereka.
Mungkin hal itu menjadi salah satu faktor yang membuat iOS dengan iPhone menjadi "eksclusive". Apple juga menjadi salah satu pelopor dalam bidang penyediaan kontent untuk handphone produksinya dengan membangun Apple Store.
Apabila akhirnya iOS kalah dari Android, itu juga bisa dikarenakan Apple hanya bekerja sendiri untuk mengembangkan dan menggunakan sistem operasinya.
Tetapi, Apple tetaplah Apple yang selalu punya pesona dan kelas serta standar tersendiri, yang bisa menyulap banyak orang untuk mau menggunakan produk-produk mereka yes
Blackberry
Diawal kehadirannya kedunia smartphone, Blackberry sebenarnya disambut dengan antusias oleh penggunanya diseluruh dunia. Apabila saat ini, mereka cenderung kalah bersaing dengan sistem operasi lain, mungkin yang jadi salah satu kendala adalah sifatnya yang tidak sefleksible Android misalnya, atau secantik iOS.
Terlebih RIM sebagai produsen BlackBerry pernah gagal dalam persaingan pc tablet. Ketika itu, mereka kalah bersaing dengan iPad maupun Galaxy Tab dari samsung.
Meskipun handset mereka disuport dengan APP World yang menjadi pusat aplikasi OS BlackBerry, tetapi hal itu kurang berperan besar dalam persaingan dengan sistem operasi teratas.
Saat ini, RIM merencanakan untuk mengeluarkan produk terbaru handset BlackBerry yang dipersenjatai dengan OS terbaru. Sayangnya, mereka seolah-olah selalu terlambat untuk cepat-cepat melahirkan produk teranyarnya itu.
Bahkan ketika ajang CES Lasvegas awal Januari ini berlangsung, yang seharusnya bisa menjadi momen tepat RIM mempromosikan produk andalannya, mereka tidak memanfaatkan itu.
So, mungkinkan BlackBerry 10 bisa membangkitkan kembali brand BlackBerry? Kita tunggu saja perkembangannya.
Tizen
Seperti diulas singkat dalam artikel "Tiga Sistem Operasi Baru Penantang Android" di Yess Online, Tizen merupakan salah satu kandidat untuk bisa meruntuhkan keperkasaan Android.
Meskipun dikembangkan oleh dua nama besar, kita belum tahu pasti seperti apakah hasil dari kerjasama mereka hingga nantinya lahir handset berbasis OS Tizen.
Apakah mereka juga akan mengadopsi pola yang dikembangkan oleh pemilik OS sebelumnya, yang juga menyediakan tempat untuk mengembangkan aplikasi pendukung seperti Apple Store, Google Play, App World?
Semoga saja begitu, sebab jika pengembang Tizen tidak menyediakannya, bisa dipastikan mereka tidak akan mempu untuk bersaing dengan Android maupun iOS.
Firefox OS
Seperti kita ketahui, OS ini dikembangkan oleh Mozilla. Tapi seperti hanya Tizen, meskipun saya pernah melihat demonstarsi dari Firefox OS pada sebuah handphone, tapi untuk bisa digunakan secara masal ia harus mampu untuk menggandeng banyak orang dan produsen handphone untuk menyematkan OS Firefox diperangkat produksinya.

Ubuntu Phone
Saya selalu tertarik dengan OS Ubuntu. Sudah lama juga saya akrab dengan platform ini. harus diakui bahwa ubuntu merupakan salah satu farian linux tersukses diranah desktop, bahkan banyak juga yang menggunakannya untuk jalan di workstation.
Mengenai OS Ubuntu Phone, kemarin di CES LAs Vegas, Canonical sendiri telah mendemonstrasikan produknya. Sebuah prototipe handphone yang menjalankan sistem operasi ubuntu.
Tapi sebenarnya, hal itu bukan 100% baru, karena sebelumnya juga telah cukup banyak laman yang menginformasikan/menayangkan OS Ubuntu yang bisa jalan di perangkat Android.
Yang menjadi daya tarik dari sistem operasi Ubuntu Phone nantinya adalah integrasi dari perangkat yang menggunakan OS Ubuntu. Artinya,  handphone berbasis ubuntu akan bisa menjalankan aplikasi native desktop yang sebenarnya difokuskan untuk dapat berjalan di Ubuntu versi Desktop.
Itulah salah satu proyek besar Canonical, yang sebagiannya bisa dibaca di blog ini.
Win Mobile 
Saat ini salah satu yang jadi berita hangat adalah windows mobile. Seperti kita tahu bersama, mikrosoft telah melakukan kerjasama dengan Nokia, salah satu mantan pemimpin produsen handphone dunia.
Dengan OS berbasis WinMo 8, Nokia telah mengeluarkan produk-produk andalannya dengan seria Lumia. Selain Nokia, belakangan HTC juga melahirkan handset berbasis WinMo.
Akan sangat menarik untuk mengikuti perkembangan kesemua Sistem Operasi tersebut. Siapakan yang bisa terus berkembang dan menguasai ranah smartphone?
Tentunya dialah yang akan berkibar dan menjadi pemenang. Dan saat ini Android masih tetap berkibar di posisi puncak. So.. kita lihat perkembangannya kedepan.

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets