Laman

Friday, June 7, 2013

Home » Aplikasi Edukasi ‘Pepakura’

Aplikasi Edukasi ‘Pepakura’

Membuat Sendiri Papercraft dengan PC-mu
Pernah dengar soal seni papercraft? Papercraft merupakan seni modeling berbahan kertas serupa dengan origami. Hanya saja, papercraft menekankan pada bentuk “miniatur” dari sebuah model tertentu dalam bentuk 3D dengan skala tertentu pula, dan dibuat dengan berbagai teknik: potong, lipat, susun, dan tempel dengan lem.
d5-432-pepakuraSedikit berbeda dengan origami yang mengutamakan unsur lipat dan tanpa lem. Bagi yang mahir menggambar, model papercraft bisa dibuat secara manual. Namun bagi yang kurang mahir menggambar, bisa menggunakan aplikasi bantu bernama Pepakura.
Pada dasarnya Pepakura merupakan aplikasi populer untuk membuat jejaring dan mencetak model 3D, yang selanjutnya dapat digunakan untuk membuat beragam bentuk modeling dari kertas (papercraft), seperti action figure misalnya.
Prinsip kerja aplikasi ini adalah “membuka” model 3D menjadi jejaring yang dapat dicetak di kertas untuk kemudian nanti dibentuk ulang oleh user dengan cara lipat dan tempel. Adapun file sumber yang bisa diimpor ke Pepakura adalah format file 3D populer seperti 3ds (3D Max), AutoCAD, Lightwave, dan lain-lain. Semua model 3D yang dihasilkan oleh aplikasi-aplikasi modeling 3 dimensi dapat kemudian dibedah menjadi bentuk 2D dengan bantuan Pepakura ini.
Untuk contoh-contoh model siap pakai, bisa kita dapatkan salah satunya dari situs http://cp.c-ij.com/en/contents/1006/. Pada situs ini terdapat banyak sekali model-model siap cetak yang bisa diunduh sehingga kita tidak perlu repot-repot menggambar atau membuat model 3D sendiri.

Informasi
Situs http://www.tamasoft.co.jp/pepakura
Ukuran File 4,29 MB
Lisensi Berbayar
Harga US$ 38
Dukungan Sistem Win XP / Win 7

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets