Laman

Friday, June 7, 2013

Home » Aplikasi Edukasi ‘GeoGebra’

Aplikasi Edukasi ‘GeoGebra’

Membantu Memecahkan Perhitungan Matematika Populer
GeoGebra adalah aplikasi matematika populer yang dapat membantu memecahkan soal-soal geometri, aljabar, dan kalkulus. Dengan aplikasi ini pula, user dapat membuat berbagai objek geometri berdasarkan titik, segmen, vektor, maupun garis. Misalnya pada mode Algebra, user dapat membuat sebuah objek maupun representasi grafis dari berbagai fungsi seperti fungsi linear, fungsi kuadrat, persamaan garis lurus, dan lain-lain. Bukan saja sebagai alat bantu belajar matematika, GeoGebra juga dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menyusun soal matematika bagi guru karena salah satu keunggulannya adalah output GeoGebra dapat disimpan sebagai image yang kemudian dapat disisipkan pada dokumen (Ms. Word misalnya).
d7-432-geogebraTampilan GeoGebra begitu ringkas. Terdiri atas bilah menu dan toolbar lengkap dengan graphic mode-nya. Tampilan aljabar, toolbar, sumbu koordinat, input bar, CAS, spreadsheet, graphics 2D/3D dapat dimunculkan atau disembunyikan melalui Menu Bar yaitu pada bagian View Menu. Secara umum, seperti pada aplikasi lain, menu bar GeoGebra berada pada bagian atas terdiri atas menu File, Edit, View, Perspective, Options, Tools, Window dan Help. Di bawahnya terdapat toolbar yang berisi menu untuk membangun, menggambar, mengukur dan memanipulasi objek. Pada setiap kategori yang ada di toolbar terdapat beberapa tool lain yang tersembunyi, untuk menampilkannya kita dapat mengklik tanda panah kecil di bagian kanan bawah setiap kotak tool yang ada di toolbar.
Sekilas, penggunaan GeoGebra memang tampak sedikit membingungkan. Namun setelah mencoba-coba, kita akan menemukan banyak kemudahan. Jika dirasa masih bingung tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi ini, web resmi GeoGebra telah menyediakan puluhan bahkan ratusan tutorial dan trik menggunakan aplikasi ini. Jangan lupa untuk menginstal Java sebelum menggunakan GeoGebra agar aplikasi ini dapat berjalan dengan mulus.

Informasi
Situs http://www.geogebra.org/
Ukuran File 11 MB
Lisensi Gratis
Dukungan Sistem Win XP / Win 7

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets