Laman

Friday, June 7, 2013

Home » Aplikasi Launcher ‘ASuite’

Aplikasi Launcher ‘ASuite’

Cocok Buat yang Suka Bikin Aplikasi Portabel
ASuite merupakan salah satu aplikasi launcher yang cukup sering digunakan untuk membuat paket aplikasi portabel. Ia dapat digunakan untuk mempermudah akses terhadap file, folder, bahkan halaman situs web yang kemudian dapat dikemas dan disimpan pada berbagai media penyimpanan, termasuk media penyimpanan portabel seperti flash-disk misalnya.
d1-434-ASuiteUkuran installer-nya terbilang cukup kecil, hanya sebesar 917 KB dan hanya membutuhkan ruang sekitar 1 MB pascainstalasi. Karenanya ia tidak makan tempat terlalu besar.
Untuk membuat aplikasi portabel, aplikasi-aplikasi yang hendak dikemas juga harus berupa aplikasi portable, bukan aplikasi yang harus “ditanam” secara permanen ke dalam harddisk. Kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi portabel open source untuk membuat paket aplikasi portabel dengan ASuite ini. Oleh karena itu, aplikasi-aplikasi kenamaan seperti produk-produk milik Microsoft, Corel, dan Adobe agaknya kurang pas jika hendak dikemas menjadi aplikasi portabel, kecuali Asuite sekedar digunakan untuk membuat launcher internal pada sistem operasi yang berjalan (baca: sebagai shortcut biasa), bukan sebagai launcher pada media portabel.
ASuite sangat mudah digunakan. Pada kolom List, kita dapat menyusun launcher berdasarkan jenis atau kategori aplikasi. Misalnya kategori Grafis, Office, Multimedia, dan lain sebagainya. Masing-masing kategori dapat kita isi dengan beragam shortcut aplikasi yang sesuai dengan jumlah yang tak terbatas. Selain aplikasi, kita juga dapat memasukkan shortcut untuk membuka folder atau file tertentu.
Jika kamu hendak membuat launcher untuk aplikasi portabel yang dikemas dalam flash-disk, pastikan aplikasi-aplikasi portabelnya sudah disimpan sedemikian terstruktur pada flash-disk tersebut.

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets