Laman

Monday, January 21, 2013

Home » Tips untuk dapat cepat belajar bahasa asing

Tips untuk dapat cepat belajar bahasa asing





Seperti yang pernah diulas sebelumnya, orang bilingual memiliki tingkat otak lebih baik dibandingkan orang monolingual. Trus, bagaimana menjadi seorang bilingual?

Life Hacker (10/01) mengulas beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk dapat mempelajari bahasa baru dengan sukses. Berikut kita-kiatnya.

Spesifik akan hasil

Salah satu permasalahan terbesar untuk meraih kesuksesan dalam segala hal adalah keambiguan dan rasa tidak mungkin atau percaya diri membuat seseorang akan jatuh sebelum memulainya.

Yang muncul di benak setiap orang ketika ingin belajar bahasa dengan dialek dan pengucapan sulit seperti bahasa Prancis, Jepang, Spanyol atau lainnya adalah rasa tidak percaya diri untuk mampu mempelajari bahasa tersebut.

Hal yang perlu dilakukan adalah membuat satu penekanan dalam diri dengan lebih spesifik. Contohnya, membuat target untuk mampu menguasai bahasa asing yang dipelajari dalam berapa bulan, apa yang akan dilakukan setelah menguasai bahasa asing tersebut, dan masih banyak lagi.

Suatu hal yang penting untuk diingat adalah jujur terhadap kemampuan diri sendiri. Jangan terlalu memaksa untuk membuat satu target yang nantinya akan membuat Anda sendiri kesusahan. Lebih spesifik dan realistis.

Belajar bahasa tidak ada batasan gagal

Belajar bahasa berbeda dengan belajar suatu hal lainnya. Hal ini dikarenakan mempelajari suatu bahasa tidak seperti ketika mempelajari hal akademis lain yang dapat ditentukan dengan kata lulus atau gagal. Bahasa adalah seni berkomunikasi.

Jangan terlalu muluk-muluk dalam membuat suatu target atau jangan memikirkan kesempurnaan yang nantinya akan membebani Anda sendiri. Dengan banyak praktik dan menambah level pembelajarannya, maka secara otomatis mulai dari grammar sampai pengucapan juga akan terlatih secara otomatis.

Tidak ada kata gagal

Ada banyak cara untuk mempelajari suatu bahasa lain tanpa harus pergi ke tempat di mana bahasa tersebut digunakan atau berasal. Mulai dari menonton film yang menggunakan bahasa tersebut, mendengarkan musik, membaca sampai dengan melakukan komunikasi atau chatting dengan orang yang menggunakan bahasa tersebut via online.

Memang awalnya akan sangat sulit. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah, setiap orang 'pemilik bahasa' yang sedang Anda pelajari akan memaklumi bahwa Anda itu masih belajar dan pasti akan banyak kesalahan dalam komunikasi yang terjalin.

Prioritas

Mungkin kebanyakan orang yang belajar bahasa asing bertujuan untuk lebih leluasa berkomunikasi dengan pengguna bahasa aslinya atau juga untuk mencari teman atau rekan bisnis.

Namun, prioritas seperti itu masih sangat global dan tidak ada 'pagar pembatasnya.' Disarankan untuk membuat prioritas ketika ingin mempelajari suatu bahasa asing.

Contohnya lebih mempelajari cara bicara, grammar atau struktur kata, penulisan atau hal lainnya. Prioritaskan pada satu sudut pembelajaran. Setelah menguasai pada satu prioritas yang Anda tentukan sebelumnya, mulai buat prioritas lainnya.

Jangan mengucilkan diri

Percuma saja Anda mempelajari bahasa lain apabila Anda hanya berkutat dengan buku-buku panduan, kamus atau lainnya di dalam suatu kamar atau Ruangan saja. Cobalah mempraktikkan bahasa yang Anda pelajari secara langsung minimal dengan orang lain yang juga sedang mempelajari bahasa tersebut.

Dengan praktik secara terus-menerus, maka penguasaan bahasa akan semakin cepat dan lancar. Perlu diingat, Anda adalah seorang yang mempelajari bahasa asing, so, jangan takut untuk salah.

Go internasional online

Apabila susah untuk mencari orang yang ingin Anda gunakan sebagai 'lawan tanding' dalam mempraktikkan bahasa yang Anda pelajari, maka ada baiknya untuk mengikuti forum online atau sejenisnya.

Mulailah untuk ikut aktif dalam suatu bahasan dan carilah teman sebanyak mungkin dari forum tersebut.

Mengunjungi negara asal bahasa tersebut

Banyak penelitian bahkan referensi yang mengatakan bahwa mempelajari suatu bahasa asing secara cepat itu adalah dengan pergi ke tempat di mana bahasa tersebut berasal atau digunakan.

Perlu diingat bahwa tidak semua orang di dunia ini paham, mengerti dan bisa berbahasa internasional, bahasa Inggris. Ketika Anda ingin menanyakan sesuatu kepada orang lokal, maka otomatis bahasa di tempat tersebutlah yang harus digunakan agar kedua belah pihak dapat langsung mengerti.

Memang masih banyak cara selain tips-tips di atas untuk mempelajari bahasa asing. Namun, tidak ada salahnya untuk mempraktikan cara-cara di atas untuk menguasai bahasa yang Anda inginkan. Selamat mencoba.

Sumber: Merdeka.com

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets