Laman

Monday, January 21, 2013

Home » 2 Komet dengan cahaya paling terang lintasi bumi di 2013 ini

2 Komet dengan cahaya paling terang lintasi bumi di 2013 ini

Menurut perkiraan dan analisa para pakar, setidaknya ada 2 komet yang akan melintasi bumi di tahun 2013 ini.

Dalam analisanya, para astronom mengatakan bahwa 2 komet tersebut ada kemungkinan dapat dilihat dengan mata telanjang karena cahayanya yang sangat terang.

Seperti dilansir Latino Post (13/01), salah satu komet yang dinamakan Pan-STARRS (C/2011 L4) kemungkinan akan menampakkan dirinya pada bulan Januari dan Februari, namun komet ini kembali muncul dan keluarkan cahaya paling terangnya sekitar bulan Maret mendatang.

Hal tersebut dikarenakan pada bulan Maret, jalur lintas Pan-STARRS sangat dekat dengan bumi. Komet yang pertama kali ditemukan pada tanggal 06 Juni 2011 lalu tersebut dipercaya berasal dari Oort Cloud atau awan komet berbentuk spherik yang berjarak sekitar 1 tahun cahaya dari matahari.

Apabila komet Pan-STARRS akan menghiasi langit di bulan Maret, maka satu komet lagi yang dinamakan ISON (C/2012 S1) akan menampakkan diri di akhir tahun 2013 ini.

[Mungkin Anda tertarik: Ramalan Nostradamus soal komet mirip pengamatan NASA]

Komet yang ditemukan pada tanggal 21 September 2012 oleh Vitali Nevski (Belarusia) dan Artyom Novichonok (Rusia) ini diperkirakan akan nampak di belahan bumi Utara. Komet ISON juga dipercaya berasal dari Oort Cloud.

Walaupun keduanya memiliki jarak lintas yang lumayan dekat dengan bumi, namun para astronom mengatakan tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena 2 komet tersebut tidak akan membawa dampak negatif apalagi sampai menabrak bumi.

Sumber: Merdeka.com

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets