Laman

Monday, January 21, 2013

Home » Cara Menyembunyikan Dan Memberi Password Pada Folder Di Komputer Tanpa Software

Cara Menyembunyikan Dan Memberi Password Pada Folder Di Komputer Tanpa Software

Menyembunyikan folder pada komputer terkadang sangat diperlukan untuk kebutuhan kerahasiaan atau privasi suatu file penting bagi kita. Banyak kita jumpai software atau berbagai aplikasi yang dapat melakukan hidden pada folder, namun kali ini akan dipaparkan tentang cara menyembunyikan folder pada komputer tanpa menggunakan software. Kerahasian sebuah file atau folder yang menurut kita menjadi hal penting memang seharusnya kita protect dengan password agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Bagi anda yang menggunakan komputer sering dipakai bersama atau sering dipakai oleh orang lain, hal ini juga dapat mengantisipasi agar folder anda aman.
Pengamanan sebuah file pada komputer perlu dilakukan bagi anda yang mempunyai dokumen penting tentang pekerjaan anda agar kerahasiaan dapat terjaga dari orang lain yang menggunakan komputer anda. Berikut langkah-langkah mengamankan folder dengan memberikan password tanpa menggunakan software :
  • Buka Notepad pada komputer anda, terletak pada folder accessories di menu program windows.
  • Buka kode perintah disini
  • Salin kode dan tempel pada Notepad yang anda buka tadi.
  • Silakan masukkan password yang anda inginkan pada tulisan “MASUKKAN PASSWORD”. Lihat pada contoh gambar dibawah.
  • Kemudian simpan file tersebut dengan memberikan nama ekstensi “.bat”. lihat pada gambar dibawah ini.
  • Klik file “.bat” yang anda buat tadi, maka akan muncul sebuah folder dengan nama “Locker”.
  • Silakan masukkan folder yang ingin anda sembunyikan pada folder “Locker” tersebut.
  • Selanjutnya jika anda ingin menyembunyikan folder tersebut silakan klik file “.bat” tadi dan masukkan perintah “y”.
  • Untuk menampilkan folder yang anda sembunyikan tadi, klik pada file “.bat” lalu masukkan password yang telah anda buat tadi.
Dengan mengikuti langkah diatas maka kita dapat memberikan password pada folder atau menyembunyikannya tanpa harus mengunduh sebuah aplikasi. Gunakan cara diatas untuk folder penting terutama folder pekerjaan pada komputer anda, jangan gunakan cara diatas untuk berbuat hal yang negatif atau iseng terhadap komputer orang lain karena hal tersebut dapat merugikan orang lain. Berikut sedikit informasi diatas semoga dapat bermanfaat bagi kita semua tentang cara memberi password pada folder.

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets