Laman

Monday, January 21, 2013

Home » Jangan sembarangan menentukan nama untuk startup Anda

Jangan sembarangan menentukan nama untuk startup Anda

Berita Satu
MERDEKA.COM, Saat ini banyak sekali startup yang bermunculan. Namun, tidak semua startup tersebut dapat sukses dan menjadi besar. Apakah salah satu penyebabnya adalah pemilihan nama yang kurang tepat?
Menurut Cezary Pietrzak, seorang analis sekaligus penjual di New York mengatakan bahwa nama adalah suatu hal yang menjadi salah satu faktor penting dalam berdirinya suatu startup. Walaupun terkesan mudah namun pemilihan suatu nama yang mewakili brand atau merk ternyata tidak segampang yang dibayangkan.
Pietrzak menjelaskan bahwa memilih nama untuk suatu produk yang real saja sudah sulit apalagi harus menentukan suatu nama untuk digunakan di internet. Hal ini disebabkan oleh beragamnya kategori di internet yang memiliki kesamaan nama dari satu dengan lainnya.
Dia memberikan sedikit saran bahwa dalam membuat satu nama untuk startup tidak perlu panjang, maksimal 10 huruf saja idealnya. Selain itu, nama tersebut harus mudah diingat dan relefan dengan ide dasar startup itu sendiri. Diharapkan untuk membuat nama yang memiliki konotasi positif dan tidak melanggar trademark nama yang sudah ada.
Setelah menentukan nama, disarankan untuk mengambil domain yang berakhiran .com. Alasan pengambilan akhiran .com ini karena akhiran domain tersebut sangat banyak digunakan dan familiar di internet.
Seperti yang dilansir Mashable (03/10), pemilihan nama sangatlah penting karena hal tersebut adalah representasi dari Anda dan perusahaan yang Anda kelola. Dengan mengambil nama yang salah, maka mindset orang pertama akan langsung dapat 'menghakimi' sekaligus memandang rendah startup ciptaan Anda.
Selain kiat di atas, diperlukan juga suatu penelitian serta penjelajahan di internet untuk melihat serta menganalisa nama-nama apa saja yang sudah digunakan pihak lain serta nama seperti apa yang potensial.
So, pemilihan nama untuk suatu startup bukanlah hal yang sulit juga bukan hal mudah. Diperlukan banyak langkah sebelum benar-benar memutuskan untuk menggunakan suatu nama yang merepresentasikan produk atau layanan jasa Anda. Selamat mencoba.
Sumber: Merdeka.com

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets