Laman

Wednesday, January 30, 2013

Home » Jokowi Nilai Rekayasa Cuaca Jakarta Berhasil

Jokowi Nilai Rekayasa Cuaca Jakarta Berhasil

Jokowi Nilai Rekayasa Cuaca Jakarta Berhasil KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Awan pekat bergerak menuju arah utara Jakarta terlihat dari Monumen Nasional, Rabu (23/1/2013). Curah hujan yang diperkirakan masih cukup tinggi mendasari gagasan pemerintah DKI untuk mengusulkan rekayasa cuaca agar hujan lebih banyak turun di laut.
JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menilai usaha merekayasa cuaca di Ibu Kota berhasil. Rekayasa cuaca dilakukan untuk menghindarkan Jakarta dari ancaman banjir akibat curah hujan tinggi.
"Saya pikir berhasil. Lihat saja hujannya jarang, cuaca sekarang panas," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Rabu (30/1/2013).
Upaya merekayasa cuaca ditempuh oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar banjir besar yang terjadi dua pekan lalu tak terulang lagi. Salah satu alasan dilakukannya rekayasa itu adalah prediksi banjir besar yang akan terjadi pada saat bulan purnama pada 26-27 Januari. Pada saat itu, nyaris tak terjadi hujan sehingga ancaman banjir besar saat itu tidak terbukti.
"Ya, salah satunya karena prediksi itu. Tapi rekayasa ini sudah berjalan dan berhasil," ujarnya.
Rekayasa cuaca tersebut akan terus dilakukan hingga potensi hujan deras sampai dengan Maret 2013 berakhir. Dengan rekayasa cuaca tersebut, awan hitam yang berpotensi menimbulkan hujan, khususnya hujan dengan intensitas tinggi, dirangsang dengan teknik powder atau menyebarkan garam dapur sehingga hujan bisa turun di titik yang tak berpotensi menimbulkan banjir. Hujan diturunkan di laut atau di daerah pegunungan.

sumber : http://megapolitan.kompas.com/read/2013/01/30/16534550/Jokowi.Nilai.Rekayasa.Cuaca.Jakarta.Berhasil?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Ktswp

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets