Laman

Monday, January 21, 2013

Home » Super Amoled Touchscreen (1) -Pixel

Super Amoled Touchscreen (1) -Pixel

Pixel
Pixel adalah elemen terkecil dari layar display yang dapat dikontrol untuk menampilkan warna. Pixel juga berarti titik terkecil pada layar display yang menampilkan warna. Tiap2 pixel menampilkan warna yang berbeda sehingga pada layar dengan 640×480 pixel akan membentuk tampilan gambar tertentu atau hanya 1 blok warna saja karena tiap pixel menampilkan warna yang sama.
pixel 5x4
5×4
pixel 64x48
64×48
pixel 640x480
Apabila layar smartphone anda menampilkan sebuah foto pemandangan kemudian anggaplah foto pemandangan tersebut hanya sebuah kertas yang ukurannya sama dengan layar smartphone anda, kemudian potonglah 4 bagian yg sama secara memanjang dan 5 bagian secara melebar, maka anda akan dapatkan 20 bagian yang sama. Sekarang bagaimana dengan 48 bagian secara melebar dan 64 bagian secara memanjang maka anda mendapatkan 3072 bagian yang sama, lebih kecil dan lebih banyak. Bagaimana kalau dipotong menjadi 480 bagian memanjang dan 640 bagian melebar, anggap saja anda dapat melakukannya, anda mendapatkan potongan yang sangat kecil. Ada 307200 bagian yang sangat kecil. Satu bagian inilah yang disebut pixel.
Teknologi display saat ini dapat menampilkan 16 juta warna pada setiap pixelnya sehingga gambar pemandangan yang tampil terlihat natural. Ini karena ada bit per pixel yang akan mengatur warna apa saja yg akan ditampilkan pixel. Bila ada 1 bpp maka maka 1 bit ini akan diatur menjadi on (black) atau off (blank), sehingga pixel mempunyai 2 warna yg akan ditampilkan yaitu hitam dan blank, blank disini bisa diartikan sebagai putih atau biru atau kuning tergantung warna latar display yg dipakai. Tipe warna display ini sering disebut monochrome. Setiap kenaikan 1 bpp maka akan digandakan jumlah warnanya. Jadi bika 2 bpp maka pixel akan mempunyai 4 warna, 3 bpp maka menjadi 8 warna, begitu seterusnya sampai
  • 256 warna berarti ada 8 bpp
  • 65.536 warna berarti ada 16 bpp, ini biasa kita kenal dengan “high color”.
  • 16.8 juta warna berarti ada 24 bpp, yang ini biasa kita kenal dengan “true color”
Tipe warna terakhir inilah yang banyak dipakai pada display saat ini, mulai dari televisi, monitor laptop, smartphone terbaru sampai camera digital.
Lalu bagaimanakah pixel dapat menampilkan warna?
Pixel terdiri dari subpixel, yaitu elemen warna. Ada beberapa sistem elemen warna yang jamak dipakai dalam teknologi display dan printing, yaitu rgb dan cmyk. Elemen warna rgb terdiri dari red, green dan blue. Elemen warna cmyk terdiri dari cyan, magenta, yellow dan black. Misalkan subpixel menggunakan sistem rgb, maka untuk 24 bpp akan dibagi rata bit nya per subpixel menjadi 8 bit per supixel. Akan ada 8 bit yang mengatur intensitas warna red. Begitu pula warna green dan blue, masing2 akan memiliki 256 kombinasi intensitas warna. Sehingga 256 kombinasi dari 3 elemen warna tersebut akan menghasilkan 16 juta warna atau tepatnya 256 pangkat 3 warna. Kemudian apa yang mengontrol subpixel tersebut sehingga display dengan ukuran 640×480 dapat menampilkan bentuk yang teratur, pemandanga alam yg natural atau gambar bergerak yang mulus dan natural. Bahasan ini akan dikupas dalam artikel selanjutnya.
layar
perbesaran sebuah gambar sehingga terlihat elemen terekecil dengan bentuk bujur sangkar, ini disebut pixel.
(gambar milik wikipedia)
true colour
Pixel pada layar LCD sebuah laptop yang diperbesar. terlihat pixel terdiri dari 3 sub pixel yang menggunakan sistem RGB. (gambar milik wikipedia)

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets