Laman

Saturday, August 11, 2012

Home » » Membuat Atribut " Read-Only " Jadi " System "

Membuat Atribut " Read-Only " Jadi " System "

Dalam pemberian atribut file dan folder, sistem operasi Windows mengenal beberapa jenis atribut. Ada atribut hidden yang berfungsi untuk menyembunyikan obyek file atau folder, dan ada atribut Read Only untuk mencegah penghapusan atau penulisan ke dalam file atau folder.

Untuk melakukan perubahan atribut folder seperti yang dimaksudkan diatas, kamu bisa mengklik menu "View > Customize This Folder....". Disini kamu bisa mengatur setiap folder dengan setting yang berbeda. Cuma, kamu tidak diberikan akses untuk mengatur beberapa folder standar Windows seperti Fonts, Downloaded Program Files, dan beberapa Folder sistem lainnya.



Untuk membedakan folder yang telah di customize dengan yang belum, Windows Explorer memberikan flag read only untuk menandai setiap folder yang telah di customize. Meski checkbox Read-Only dalam kondisi aktif, pada kenyataannya kamu masih tetap dapat menulis file ke dalam folder tersebut.
Dibanding menggunakan flag read-only yang sebenarnya lebih ditujukan untuk write protect, kamu dapat mengubah agar Windows Explorer menggunakan flag System untuk semua folder yang telah di customize. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut :

1. Klik "Start > Run..." lalu ketik "regedt32".

2. Masuklah ke sub key HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer.

3. Di bagian kanan Window, klik kanan mouse dan pilih "New" > "DWORD Value".

4. Beri nama DWORD Value yang baru kamu buat dengan nama "UseSystemForSystemFolders".

5. Klik ganda DWORD Value UseSystemForSystemFolders dan isikan nilainya dengan 1.

6. Tutup Registry Editor, lalu Restart Windows.

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets