Laman

Saturday, August 11, 2012

Home » » Mount Partisi NTFS Secara Permanen

Mount Partisi NTFS Secara Permanen

Assalamualaikum, sobat Blogger... ketemu lagi neeh... kali ini Judul Postingan adalah Bagaimana Cara Mount Partisi NTFS Secara Permanen ,, tentunya di Linux. Postingan kali ini  mengambil contoh untuk Mount Partisi NTFS Secara Permanen di Linux Ubuntu.

Sebagian Pengguna yang baru saja beralih ke Ubuntu Linux mungkin masih tetap menginstalasi Windows secara Dual Boot, alias menjalankan Linux dan Windows berbarengan (pake dua-duanya ). Untuk dapat mengakses partisi NTFS dari sistem Ubuntu Linux, kamu perlu menggunakan aplikasi ntfs-3g yang biasanya sudah terinstal pada Ubuntu.

Berikut petunjuk penggunaannya :

1. Jalankan aplikasi "Terminal". Dari menu panel, pilih "Application > Accessories > Terminal".

2. Setelah Terminal terbuka, ketik perintah $ sudo fdisk -l untuk melihat daftar partisi yang terdapat dalam sistem Ubuntu kamu.



3. Lihat hasil Outputnya. Lihat pada partisi ke berapa partisi yang bertipe NTFS, misal terdapat pada /dev/sda1. Untuk memount partisi NTFS tersebut secara tidak permanen atau dengan kata lain setelah restart Unmount, kamu bisa membuat direktori untuk meletakkan hasil mount dengan mengetikkan perintah :

$ sudo mkdir -p /media/windows

4. Mount partisi NTFS ke direktori dengan perintah :

$ sudo ntfs-3g /dev/sda1 /media/windows

5. Sekarang partisi NTFS sudah dapat dibaca dan ditulis. Coba buka Nautilus dari menu "Places > Computer", lalu arahkan ke folder /media/windows.

6. Supaya Mount di partisi NTFS menjadi permanen, edit file /etc/fstab dengan perintah : $ gksudo gedit /etc/fstab. Kemudian tambahkan parameter berikut pada akhir barisnya :

/dev/sda1 /media/windows ntfs-3g
defaults,locale=id_ID.UTF-8 0 0


Sekian, sobat... Semoga bermanfaat...
Wassalam...

No comments:

Post a Comment

Blogger Wordpress Gadgets